Rabu, 26 Januari 2011

Grand Canyon, Arizona, US

Grand Canyon, adalah sebuah ngarai tebing-terjal, yang diukir oleh Sungai Colorado sekitar berabad-abad tahun yang lalu. Grand canyon terletak di sebelah utara negara bagian Arizona, Amerika Serikat. Ngarai ini, tercipata dari hasil pengikisan dan pelapukan batuan oleh aliran sebuah selat selama jutaan tahun. Panjang dari ngarai atau tebing terjal Grand Canyon ini kira-kira 446 km, dengan lebar mulai dari 6 sampai 29 km dan dengan kedalaman lebih dari 1.600 m. Hampir dari 2000 juta tahun sejarah Bumi telah terpotong oleh Sungai Colorado dan anak sungainya lapis demi lapis sedimen ketika Dataran Tinggi Colorado mulai terangkat.


Grand Canyon pertama kali ditemukan oleh seorang Eropa bernama García López de Cárdenas dari Spanyol pada tahun 1540. akhirnya diadakan ekspedisi sains dan pengamatan ilmuwan pertama ke Grand Canyon ini, yang dipimpin oleh Mayor AS John Wesley Powell pada akhir 1870-an. Powell menemukan petunjuk bahwa jauh sebelum sempat ditemukan, wilayah ini telah ditinggali oleh Penduduk Asli Amerika yang membangun tempat tinggal di tembok ngarai ini.

Grand Canyon ini sendiri merupakan nominasi finalis satu dari Tujuh Keajaiban Dunia dan sebagian besar berada di Taman Nasional Grand Canyon; salah satu taman nasional pertama di Amerika Serikat. Saat ini, Grand Canyon juga dijadikan sebagai obyek wisata bagi Amerika Serikat terhadap para turis dalam dan luar negeri. Tentunya Grand Canyon menampilkan keindahan alam yang sangat luar biasa disana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar