Rabu, 26 Januari 2011

Mount Everest, Nepal - Tibet


Gunung Everest, yang terletak di perbatasan Tibet-Nepal, merupakan gunung tertinggi di dunia dengan ketinggian 8.850 meter diatas permukaan laut. Puncak Everest merupakan puncak tertinggi dari gugusan pegunungan Himalaya yang membentang dari Cina barat daya sampai Nepal. Orang-orang biasanya menyebut daerah ini sebagai “atap dunia” karena lokasinya yang sangat tinggi (+5.000 meter diatas permukaan laut). Di Nepal, orang setempat menyebut gunung ini Sagarmatha, yang berarti “dahi langit” dalam bahasa Sansekerta. Dan orang Tibet menyebutnya Chomolangma atau Oomolangma yang berarti “bunda semesta”


Bedasarkan penelitian, Gunung Everest ini mempunyai ketinggian sekitar 8.850 m; namun, banyak perdebatan mengenai ketinggian resmi dari Gunung Everest ini (baik pemerintah Nepal maupun Cina belum mengesahkan ukuran ini secara resmi, ketinggian Puncak Everest masih dianggap 8.848 m oleh mereka). Gunung Everest pertama kali diukur pada tahun 1856 mempunyai ketinggian 8.839 m, tetapi dinyatakan sebagai 8.840 m. Tambahan 0,6 m menunjukkan bahwa pada masa itu ketinggian yang tepat sebesar 29.000 kaki akan dianggap sebagai perkiraan yang dibulatkan. Perkiraan umum yang digunakan pada saat ini adalah 8.850 m yang diperoleh melalui bacaan Sistem Posisi Global (GPS). Gunung Himalaya masih terus bertambah tinggi akibat pergerakan lempeng tektonik kawasan tersebut.

Gunung Everest mendapat nama “Everest” dari seorang bernama Sir George Everest, nama ini secara resmi diberikan oleh Sir Andrew Waugh, surveyor-general India berkebangsaan Inggris. Dalam beberapa puncak tertinggi yang ada di dunia, puncak Everest merupakan yang tertinggi dari tujuh puncak di dunia. Karena mendapat sematan sebagai gunung tertinggi di dunia, banyak para pendaki yang tertantang untuk melakukan pendakian di Gunung Everest. Meskipun kondisi di Everest sangat dingin dan hanya mengandung sepertiga dari kadar oksigen di permukaan bumi, semangat para pendaki tetap besar. Pendaki pertama yang berhasil menaklukan Everest adalah Sir Edmund Hillary. Banyak pula pendaki dari seluruh dunia datang ke Everest ini. Itu tak lain karena keindahan alam yang ditampilkan saat kita berada di puncak Everest ini sendiri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar