Rabu, 26 Januari 2011

Taman Nasional Komodo, Indonesia

Komodo National Park, atau yang biasa lebih kita kenal dengan nama Taman Nasional Komodo terletak di pulau Komodo yang lokasinya berada di antara provinsi Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat. Di daerah ini, terdapat tiga buah pulau besar, yakni Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Padar, serta beberapa pulau kecil dengan luas keseluruhan 1.817 km², dengan rincian luas daratannya 603 km². Pulau-pulau di kawasan taman nasional ini aslinya adalah pulau vulkanis. Jumlah penduduk di wilayah ini kurang lebih adalah 4.000 jiwa. Pada tahun 1986 taman nasional ini diterima sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.


Taman Nasional ini didirikan sejak tahun 1980, dengan tujuan untuk melindungi spesies langka seperti komodo dan juga habitat hidupnya. Di taman nasional ini memiliki sekitar 277 spesies hewan yang merupakan hewan peralihan, yakni hewan yang merupakan gabungan dari Asia dan Australia. Hewan-hewan ini terdiri dari 32 spesies mamalia, 128 spesies burung, dan 37 spesies reptilia. Bersama dengan komodo, setidaknya terdapat 25 spesies hewan darat dan burung termasuk hewan yang dilindungi, karena populasi mereka yang sudah semakin sedikit. Selain itu, di kawasan ini terdapat pula terumbu karang. Setidaknya terdapat 253 spesies karang pembentuk terumbu yang ditemukan di sana, dengan sekitar 1.000 spesies ikan. Keindahan terumbu ini menarik minat wisatawan asing untuk berenang atau menyelam di perairan ini.

Taman Nasional merupakan wilayah yang dimanfaatkan pemerintah setempat sebagai kawasan wisata Indonesia. Tentu saja karena peranannya sebagai taman nasional, segala hewan disini dilindungi secara ketat oleh pemerintah setempat, juga Indonesia. Selain itu, taman nasional komodo ini sendiri juga tercatat sebagai nominasi tujuh keajaiban dunia terbaru. Taman nasional komodo berhasil memasuki finalis dari nominasi keajaiban yang ada di dunia. Jadi, mari kita dukung Taman Nasional Komodo sebagai tujuh keajaiban terbaru di dunia.
( source : wikipedia dengan pengubahan ) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar