Senin, 07 Februari 2011

Baikal Lake, Russia


Danau Baikal adalah danau terdalam dan tertua di dunia dan terbanyak dalam volume air tawarnya di Bumi. Danau ini terletak terletak di selatan Siberia di Russia, antara Oblast Irkutsk di barat laut dan Buryatia di tenggara, dekat kota Irkutsk. Kedalaman Danau Baikal ini sendiri mencapai ±1.800 meter dibawah permukaan laut. Danau ini berisi lebih dari 20% air tawar dunia dan lebih dari 90% air tawar Russia. 20 persen ikan di dunia yaitu sekitar 2.500 spesies yang tak ada di tempat lain di dunia, ada di sini.


Nama ini berasal dari kata Tatar "Bai-Kul" - "danau kaya". Dia juga dikenal dengan "Mata Biru Siberia". Dalam bahasa Russia, dia disebut Байка́л (Ozero Baykal, О́зеро secara harfiah berarti Danau), dan dalam bahasa Buryat dan Mongol dia disebut Dalai-Nor, atau "Laut suci".

Akhir-akhir ini, suhu danau naik drastis selama 60 tahun terakhir. Kenaikan suhu mencapai 1,21 Celcius, ini terjadi sejak 1946. Hal ini disebabkan kenaikan suhu udara global. Fenomena alam lainnya di danau Baikal ini, yakni munculnya sebuah lingkaran es yang ada di tengah Danau. Diperkirakan merupakan hasil dampak gas alam yang tersimpan di bawah permukaan tanah.
(source : wikipedia.org dengan perubahan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar