Kamis, 24 Februari 2011

Republic of Kiribati Island, Pacific Ocean

Kiribati Island, atau kepulauan Kiribati merupakan suatu negara yang berbentuk republik dengan kepala negara adalah seorang presiden. Ibukota dari Kiribati adalah Tarawa, dengan kota terbesar yakni Tarawa Selatan. Kepulauan Kiribati ini terletak di tengah-tengah Samudra Pasifik, dan berbentuk pulau-pulau kecil. Karena negara ini berada di tengah-tengah hamparan samudera, maka negara ini memiliki tiga puluh tiga atol yang terhampar di sepanjang garis khatulistiwa yang tersebar sepanjang 3.500.000 km². Kiribati ini sendiri merupakan bekas dari jajahan Inggris yang baru merdeka pada 12 Juli 1979.

Kiribati merupakan wilayah terakhir dari batas waktu dunia. Berada di wilayah +14.00 GMT menjadikan Kiribati sebagai wilayah yang memiliki waktu terawal di belahan dunia ini. Karena posisinya yang berada di Kepulauan Pasifik, membuat Kiribati menjadi negara kepulauan dengan dewan setempat yang mengurus masalah-masalah sehari-hari. Penduduk berjumlah 92.533 dengan kepadatan 127 jiwa/km². Memiliki pendapatan per kapita sekitar US$2.537 dan mata uangnya Dolar Australia.

Kiribati terdiri dari 32 atol dan satu pulau (Banaba), dengan setidaknya tiga di setiap belahan dunia. Kepulauan-kepulauannya adalah
  • Banaba : sebuah pulau terisolasi yang terletak di antara Nauru dan Kepulauan Gilbert
  • Kepulauan Gilbert : 16 atol yang terletak sekitar 1500 km sebelah utara Fiji
  • Kepulauan Phoenix : 8 atol dan kepulauan karang yang terletak sekitar 1800 km sebelah tenggara Kepulauan Gilbert
  • Kepulauan Line : 8 atol dan satu karang, terletak sekitar 3300 km sebelah timur Kepulauan Gilbert
Tiga pulau lainnya di kepulauan Line adalah milik Amerika Serikat.
Banaba adalah sebuah pulau karang yang telah ditinggikan yang pernah kaya akan fosfat, namun semuanya telah habis ditambangkan sebelum kemerdekaan. Sisa tanah di Kiribati terdiri dari pasir dan kepulauan-kepulauan batu karang yang kecil yang terdiri dari atol atau pulau-pulau karang yang tingginya hanya beberapa meter di atas permukaan laut. Tanahnya tipis dan berkapur, sehingga sulit untuk bercocok tanam.
( source : wikipedia.org dan beberapa sumber lain dengan perubahan )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar