Jumat, 04 Februari 2011

Dead Sea - Central East


Dead Sea, atau Laut Mati adalah danau yang terbentang di daerah sekitar Timur-Tengah yang meliputi Israel, Palestina, dan Yordania. Memiliki kedalaman sekitar 417,5 m di bawah permukaan laut.
Secara geologi laut mati terbentuk tiga juta tahun yang lalu ketika timbul retakan kecil pada Jordan Riff Valley dimana air laut masuk dan terkumpul, iklim kering dan evaporasi tinggi meningkatkan konsentrasi mineral dalam air. Garam, kapur dan gypsum terdapat pada sepanjang retakan ini dan membentuk danau dengan kandungan garam tertinggi.



Danau ini dinamakan laut mati karena tidak ada bentuk kehidupan yang dapat bertahan dalam air garam ini. Laut mati memiliki kandungan garam tertinggi dari seluruh laut di dunia. Kadar garamnya sekitar 32 % dibandingkan terhadap kadar garam rata-rata 3% pada Laut Mediteranian. Karena kandungan material garam yang sangat tinggi di laut mati ini diketahui mempunyai efek yang baik bagi manusia. Seperti digunakan untuk mempercantik kulit. Dengan mengoleskan ini ke tubuh, juga diyakini dapat memperbaiki kulit, dan melancarkan sirkulasi darah sehingga membuat tubuh menjadi sehat.

Laut mati ini sendiri merupakan salah satu finalis dari new7wonders. Banyak pula turis mancanegara yang mengunjungi tempat ini, dan mereka terbukti dapat mengambang lebih tinggi dibandingkan dengan kondisi laut yang lain. Hal ini disebabkan kadar air garam yang sangat tinggi.
(source : wikipedia.org dengan perubahan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar