Jumat, 04 Februari 2011

Colosseum, Roma, Italy

Colosseum, adalah sebuah gedung pertunjukkan peninggalan Romawi yang berbentuk elips yang disebut juga amfiteater atau dengan nama aslinya Flavian Amphitheatre. Bangunan ini didirikan oleh Raja Vespian dan Titus, anaknya, pada sekitar 82-70 SM. Koloseum dirancang untuk menampung 50.000 orang penonton. Colosseum biasanya digunakan oleh masyarakat Romawi jaman dahulu sebagai arena pertandingan gladiator, yakni manusia melawan seekor binatang buas, seperti macan atau banteng. Colosseum ini sendiri termasuk salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia Pertengahan. Situs ini terletak di ibukota negara Italia, Roma. Colosseum ini sendiri menjadi salah satu karya terbesar dari arsitektur Romawi yang pernah dibangun.


Koloseum berukuran cukup besar. Dengan tinggi 48 m, panjang 188 m, lebar 156 m dan luas seluruh bangunan sekitar 2.5 ha membuat Koloseum terlihat begitu besar dan luas. Arenanya terbuat dari kayu berukuran 86 m x 54 m, dan tertutup oleh pasir. Bentuk elips atau bulat dari Colosseum gunanya untuk mencegah para pemain untuk kabur ke arah sudut dan mencegah para penonton untuk berada lebih dekat dengan pertunjukan.

Asal nama Koloseum berasal dari sebuah patung setinggi 130 kaki atau 40 m yang bernama Colossus. Patung Colossus dibuat ulang sebagai pengganti Nero sebagai perumpamaan dari Sol dewa matahari, dengan menambahkan mahkota matahari. Mengenai nama Flavian Amphitheatre kepada Colosseum, masih tidak diketahui siapa yang memberi nama itu. Di Itali, Koloseum diberi nama il colosseo tapi bahasa Roma lainnya menggunakan nama le colisée dan el coliseo untuk menyebutkan Colosseum.

Colosseum ini sendiri merupakan salah satu keajaiban dunia. Namun posisinya saat ini telah digantikan dengan beberapa keajaiban dunia baru lainnya. Sehingga Colosseum hanya digunakan sebagai obyek wisata yang sangat terkenal di Italia. Banyak sekali turis mancanegara dan lokal yang berkunjung ke sana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar